Contoh Soal Bilangan Tingkat SD

Di bawah ini ada beberapa soal bilangan untuk siswa tingkat SD kelas III. Soal-soal ini saya gunakan untuk menyeleksi tim olimpiade Matematika di tempat saya mengajar.

Selesaikan soal-soal berikut dengan benar dan tepat!

1. Bu Mutia mempunyai 12 bunga mawar, dan anggreknya 7 batang lebih banyak dari mawar. Berapa jumlah bunga Bu Mutia seluruhnya?
2. Berapa banyak angka 2 yang ditulis dari 0 – 40!
3. Ayah membeli dua ekor bebek dan tiga ekor kambing. Berapa jumlah kaki hewan yang dibeli Ayah?
4. Jika besok adalah hari Senin, maka kemarin adalah hari…
5. Tahun kemarin adik berusia 5 tahun. 5 tahun yang akan datang berapa usia adik?
6. Nina lebih tua dari Andre namun lebih muda dari Siti, sedangkan Tino lebih tua dari Surti, Tino lebih muda dari Andre. Urutkan umur mereka dari yang paling muda!
7. Membaca 2 buku perlu waktu 6 jam. Membaca satu buku perlu waktu … jam.
8. Beberapa anak sedang mengantri. Di depan Rudi ada 4 anak dan di belakang Rudi ada 3 anak. Berapa anak yang mengantri saat itu?
9. Sepuluh buku Matematika disusun di rak buku, urutan dari kiri ke kanan mulai nomor 1 – 10. Buku ke berapa urutan ke empat dari kanan?
10. Kakak mempunyai 20 karet gelang. Karet gelang itu dibagikan kepada adik dan ketiga temannya. Berapa karet gelang yang didapatkan setiap anak?
11. Sekarang hari Sabtu. Jatuh pada hari apakah 25 hari yang akan datang?
12. Di suatu kelas terdapat 5 anak laki-laki. Jumlah anak perempuan di kelas tersebut dua kali lipat dari jumlah anak laki-laki. Berapa jumlah siswa seluruhnya di kelas itu?
13. Sebelas tahun yang lalu usia Fahrul 10 tahun. Berapa usia Fahrul sekarang?
14. Dina mengerjakan PR selama 3 jam. Risa mengerjakan lebih cepat 1 jam dari Dina. Jika Risa selesai mengerjakan pukul 9 malam maka jam berapa Dina mulai mengerjakan PR?
15. Susunlah angka 5, 6 dan 7 agar memiliki nilai terbesar genap!

Semoga bermanfaat dan salam Matematika


Contoh Soal Bilangan Tingkat SD | Anonim | 5

0 komentar:

Posting Komentar